footer logo

Manfaat Belut Bagi Kesehatan (#wonderfood)

1. Memperkuat tulang
Untuk segala usia, konsumsi rutin daging ikan berbentuk gilig ini bagus untuk memperkuat tulang. Bahkan bisa memberikan cadangan kalsium di tubuh sehingga terhindar dari osteoporosis atau pengeroposan tulang. Khasiatnya tak kalah dengan jenis-jenis makanan dan minuman lainnya seperti susu, yoghurt, udang, bandeng, dll.

2. Mencegah anemia

Ini berkat kandungan zat besi yang cukup tinggi. Seperti kita ketahui bersama, zat besi merupakan penyusun utama senyawa kompleks hemoglobin sehingga pembentukan sel-sel darah bisa terus terjadi. Bagi kaum hawa tentu ini menjadi kabar baik karena setiap bulannya kedatangan tamu yang harus merelakan kehilangan banyak darah.

3. Sebagai sumber energi

Kalori yang terdapat di dalam daging belut cukup tinggi sehingga bisa menjadi sumber energi yang cukup untuk beraktifitas harian. Itulah mengapa harus dicermati saat mengkonsumsinya dengan nasi yang notabene juga sebagai sumber energi.

4. Menjaga kesehatan mata

Ternyata belum mengandung vitamin A yang bisa langsung diserap oleh tubuh. Sama seperti halnya kita mengkonsumsi hati ayam yang juga kaya vitamin A. Berbeda dengan vitamin A yang terdapat pada tumbuh-tumbuhan yang masih berbentuk beta karoten yang perlu diolah lebih lanjut.

5. Mengaktifkan fungsi-fungsi jaringan syaraf

Kandungan omega 3 dalam daging cukup tinggi sehingga bagus untuk mengaktifkan berbagai fungsi jaringan syaraf. Sangat bagus dikonsumsi oleh anak-anak untuk perkembangan otaknya.

6. Mendukung pembentukan protein

Khasiat daging belut mampu menambah protein dalam tubuh sebagai zat pembangun sehingga proses regenerasi sel-sel yang rusak bisa lebih cepat.

7. Menormalkan tekanan darah

Walau belum ada penelitian ilmiah yang sahih, pengalaman orang-orang yang mengidap tekanan darah tinggi mampu diturunkan ke angka kisaran normal.

8. Mendukung sistem reproduksi

Kabar gembira bagi kaum adam dan hawa yang ingin segera memperoleh momongan karena konsumsi daging sejenis ikan berbentuk gilig ini mendukung sistem reproduksi. Mampu menyuburkan rahim dan membuat sel-sel sperma sehat serta lincah.

9. Mencegah stroke

Sudah lama diketahui, orang-orang yang rutin konsumsi ikan, organ jantung mereka lebih sehat. Termasuk juga konsumsi belut yang memang masuk jenis ikan.

10. Menghambat pertumbuhan sel-sel kanker

Kandungan arginin dalam daging belut cukup tinggi. Arginin ini bermanfaat sebagai penghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi kaum hawa untuk mengkonsumsinya.

11. Mengaktifkan hormon-hormon dalam tubuh

Nutrisi yang terkandung di dalam belut dibutuhkan oleh tubuh untuk mengaktifkan berbagai macam hormon supaya metabolisme dalam tubuh jadi lancar.

12. Menurunkan resiko penyempitan pembuluh darah

Adanya zat antioksidan seperti vitamin C dan mineral membuat kadar kolesterol dalam darah seimbang. Terutama menekan jumlah kolesterol jahat.

13. Menurunkan resiko terkena pembekuan darah di otak

Kandungan zata besi yang terdapat di dalamnya mampu mencegah terjadinya koagulasi atau pembekuan darah pada pembuluh-pembuluh kapiler di otak.

14. Meningkatkan vitalitas pada kaum pria

Bagi pria yang mudah lelah atau capek, konsumsi daging belut bisa melenyapkan rasa lelah sekaligus menambah vitalitas.

15. Mempermudah proses persalinan

Sebagian masyarakat masih mempercayai akan keampuhan belut dalam melancarkan proses persalinan. Caranya tinggal mengkonsumsinya menjadi aneka masakan.
Manfaat Belut Bagi Kesehatan (#wonderfood) Manfaat Belut Bagi Kesehatan (#wonderfood) Reviewed by Unknown on July 28, 2017 Rating: 5

No comments

Subscribe & Follow

Home PageNav Display